A.
Untuk SD/MI
Tabel
2.5 Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Ruang Kelas
No
|
Jenis
|
Rasio
|
Deskripsi
|
1
|
Perabot
|
|
|
1.1
|
Kursi peserta didik
|
1 buah
/peserta didik
|
Kuat, stabil, aman, dan
mudahdipindahkan oleh peserta didik.
Ukuran sesuai dengan kelompok usia peserta didik dan mendukung
pembentukan postur tubuh yang baik, minimum dibedakan dimensinya
untuk kelas 1-3 dan kelas 4-6.
Desain dudukan dan sandaran membuat peserta didik nyaman belajar.
|
1.2
|
Meja peserta didik
|
1 buah
/peserta didik
|
Kuat, stabil, aman, dan mudah
dipindahkan oleh peserta didik.
Ukuran sesuai dengan kelompok usia peserta didik dan mendukung
pembentukan postur tubuh yang baik, minimum dibedakan dimensinya
untuk kelas 1-3 dan kelas 4-6.
Desain memungkinkan kaki peserta didik masuk dengan leluasa ke bawah
meja.
|
1.3
|
Kursi guru
|
1 buah/guru
|
Kuat, stabil, aman, dan mudah
dipindahkan.
Ukuran memadai untuk duduk dengan nyaman.
|
1.4
|
Meja guru
|
1 buah/guru
|
Kuat, stabil, aman, dan mudah
dipindahkan.
Ukuran memadai untuk bekerja dengan nyaman.
|
1.5
|
Lemari
|
1 buah/ruang
|
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran memadai untuk menyimpan perlengkapan yang diperlukan kelas. Tertutup dan dapat dikunci.
|
.6
|
Rak hasil karya peserta didik
|
1 buah/ruang
|
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran memadai untuk meletakkan hasil karya seluruh peserta didik yang
ada di kelas.
Dapat berupa rak terbuka atau lemari.
|
1.7
|
Papan pajang
|
1 buah/ruang
|
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran minimum 60 cm x 120 cm.
|
2
|
Peralatan Pendidikan
|
|
|
2.1
|
Alat peraga
|
|
[lihat daftar sarana laboratorium IPA]
|
3
|
Media Pendidikan
|
|
|
3.1
|
Papan tulis
|
1 buah/ruang
|
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran minimum 90 cm x 200 cm. Ditempatkan pada posisi yang memungkinkan seluruh peserta didik melihatnya dengan jelas.
|
4
|
Perlengkapan Lain
|
|
|
4.1
|
Tempat sampah
|
1 buah/ruang
|
|
4.2
|
Tempat cuci tangan
|
1 buah/ruang
|
|
4.3
|
Jam dinding
|
1 buah/ruang
|
|
4.4
|
Kotak kontak
|
1 buah/ruang
|
|
2. Ruang Perpustakaan
Tabel 2.6 Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Ruang Perpustakaan
No
|
Jenis
|
Rasio
|
Deskripsi
|
1
|
Buku
|
|
|
1.1
|
Buku teks pelajaran
|
1 eksemplar/mata pelajaran/peserta didik,
ditambah
2 eksemplar/mata
pelajaran/sekolah |
Termasuk dalam daftar buku teks pelajaran yang ditetapkan oleh Mendiknas dan daftar buku teks muatan lokal yang ditetapkan oleh Gubernur atau Bupati/Walikota.
|
1.2
|
Buku panduan pendidik
|
1 eksemplar/mata pelajaran/guru mata
|
|
|
|
pelajarn bersangutan, ditambah
1 eksemplar/mata pelajaran/sekolah
|
|
1.3
|
Buku pengayaan
|
840 judul/sekolah
|
Terdiri dari 60% non-fiksi dan
40% fiksi.
Banyak eksemplar/sekolah minimum: 1000 untuk 6 rombongan belajar, 1500 untuk 7-12 rombongan belajar,
2000 untuk 13-24 rombongan belajar.
|
1.4
|
Buku referensi
|
10 judul/sekolah
|
Sekurang-kurangnya meliputi Kamus Besar Bahasa Indonesia, kamus
Bahasa Inggris, ensiklopedi, buku
statistik daerah, buku telepon, kitab undangundang dan peraturan, dan kitab
suci.
|
1.5
|
Sumber belajar lain
|
10 judul/sekolah
|
Sekurang-kurangnya meliputi
majalah, surat kabar, globe, peta, gambar pahlawan nasional,
CD pembelajaran, dan
alat peraga matematika.
|
2
|
Perabot
|
|
|
2.1
|
Rak buku
|
1 set/sekolah
|
Kuat, stabil, dan aman.
Dapat menampung seluruh koleksi dengan baik.
Memungkinkan peserta didik menjangkau koleksi buku dengan mudah.
|
2.2
|
Rak majalah
|
1 buah/sekolah
|
Kuat, stabil, dan aman.
Dapat menampung seluruh koleksi majalah.
Memungkinkan
peserta didik menjangkau koleksi majalah
dengan mudah.
|
2.3
|
Rak surat kabar
|
1 buah/sekolah
|
Kuat, stabil, dan aman.
Dapat menampung seluruh koleksi suratkabar.
Memungkinkan peserta didik menjangkau koleksi suratkabar dengan mudah.
|
2.4
|
Meja baca
|
10 buah/sekolah
|
Kuat, stabil, aman, dan mudah dipindahkan oleh peserta didik.
Desain memungkinkan kaki peserta didik masuk dengan leluasa ke
bawah meja.
|
2.5
|
Kursi baca
|
10 buah/sekolah
|
Kuat, stabil, aman, dan mudah dipindahkan oleh peserta didik.
Desain dudukan dan sandaran membuat peserta didik nyaman belajar.
|
2.6
|
Kursi kerja
|
1 buah/petugas
|
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran yang memadai untuk bekerja
|
|
|
|
dengan nyaman.
|
2.7
|
Meja kerja/ sirkulasi
|
1 buah/petugas
|
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran yang memadai untuk bekerja dengan nyaman.
|
2.8
|
Lemari katalog
|
1 buah/sekolah
|
Cukup untuk menyimpan kartu-kartu katalog.
Lemari katalog dapat diganti dengan meja untuk menempatkan katalog.
|
2.9
|
Lemari
|
1 buah/sekolah
|
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran memadai untuk menampung seluruh peralatan untuk
pengelolaan perpustakaan.
Dapat dikunci.
|
2.10
|
Papan pengumuman
|
1 buah/sekolah
|
Ukuran minimum 1 m2.
|
2.11
|
Meja multimedia
|
1 buah/sekolah
|
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran memadai untuk menampung seluruh peralatan multimedia.
|
3
|
Media Pendidikan
|
|
|
3.1
|
Peralatan multimedia
|
1 set/sekolah
|
Sekurang-kurangnya terdiri dari 1 set komputer (CPU, monitor minimum 15
inci, printer), TV, radio, dan pemutar VCD/DVD.
|
4
|
Perlengkapan Lain
|
|
|
4.1
|
Buku inventaris
|
1 buah/sekolah
|
|
4.2
|
Tempat sampah
|
1 buah/ruang
|
|
4.3
|
Kotak kontak
|
1 buah/ruang
|
|
4.4
|
Jam dinding
|
1 buah/ruang
|
|
3. Laboratorium IPA
Tabel 2.7 Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Laboratorium IPA
No
|
Jenis
|
Rasio
|
Deskripsi
|
|
1
|
Perabot
|
|
|
|
1.1
|
Lemari
|
1 buah/sekolah
|
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran memadai untuk menyimpan seluruh alat peraga.
Tertutup dan dapat dikunci.
Dapat memanfaatkan lemari yang
terdapat di ruang kelas.
|
|
2
|
Peralatan Pendidikan
|
|
|
|
2.1
|
Model kerangka manusia
|
1 buah/sekolah
|
Tinggi minimum 125 cm. Mudah dibawa.
|
|
2.2
|
Model tubuh manusia
|
1 buah/sekolah
|
Tinggi minimum 125 cm.
Dapat diamati dengan mudah oleh seluruh peserta didik.
Dapat dibongkar pasang.
Mudah dibawa.
|
|
2.3
|
Globe
|
1 buah/sekolah
|
Diameter minimum 40 cm.
Memiliki penyangga dan dapat diputar. Dapat memanfaatkan globe yang
terdapat di ruang perpustakaan.
|
|
2.4
|
Model tata surya
|
1 buah/sekolah
|
Dapat mendemonstrasikan terjadinya fenomena gerhana.
|
|
2.5
|
Kaca pembesar
|
6 buah/sekolah
|
|
|
2.6
|
Cermin datar
|
6 buah/sekolah
|
|
|
2.7
|
Cermin cekung
|
6 buah/sekolah
|
|
|
2.8
|
Cermin cembung
|
6 buah/sekolah
|
|
|
2.9
|
Lensa datar
|
6 buah/sekolah
|
|
|
2.10
|
Lensa cekung
|
6 buah/sekolah
|
|
|
2.11
|
Lensa cembung
|
6 buah/sekolah
|
|
|
2.12
|
Magnet batang
|
6 buah/sekolah
|
Dapat mendemonstrasikan gaya magnet.
|
|
2.13
|
Poster IPA, terdiri dari:metamorfosis,
a) hewan langka,
b) hewan dilindungi,
c) tanaman khas Indonesia,
d) contoh ekosistem
e) sistem-sistem pernapasan
hewan
|
1 set/sekolah
|
Jelas terbaca dan berwarna, ukuran minimum A1.
|
|
4.
Tempat Bermain/Berolahraga
Tabel 2.14 Jenis, Rasio, dan
Deskripsi Sarana Tempat Bermain/Berolahraga
No
|
Jenis
|
Rasio
|
Deskripsi
|
1
|
Peralatan Pendidikan
|
|
|
1.1
|
Tiang bendera
|
1 buah/sekolah
|
Tinggi sesuai ketentuan yang berlaku.
|
1.2
|
Bendera
|
1 buah/sekolah
|
Ukuran sesuai ketentuan yang berlaku.
|
1.3
|
Peralatan bola voli
|
1 set/sekolah
|
Minimum 6 bola.
|
1.4
|
Peralatan sepak bola
|
1 set/sekolah
|
Minimum 6 bola.
|
1.5
|
Peralatan senam
|
1 set/sekolah
|
Minimum matras, peti loncat, tali loncat, simpai, bola plastik, tongkat.
|
1.6
|
Peralatan atletik
|
1 set/sekolah
|
Minimum lembing, cakram, peluru,
tongkat estafet, dan bak loncat.
|
1.7
|
Peralatan seni budaya
|
1 set/sekolah
|
Disesuaikan dengan potensi masing‑masing
SD/MI.
|
1.8
|
Peralatan ketrampilan
|
1 set/sekolah
|
Disesuaikan dengan potensi masing‑masing SD/MI.
|
2
|
Perlengkapan Lain
|
|
|
2.1
|
Pengeras suara
|
1 set/sekolah
|
|
2.2
|
Tape recorder
|
1 buah
/sekolah
|
|
A.
Untuk SMP/MTsM
1. Ruang Kelas
a. Fungsi
ruang kelas adalah tempat kegiatan pembelajaran teori, praktek yang tidak
memerlukan peralatan khusus, atau praktek dengan alat khusus yang mudah
dihadirkan.
b. Jumlah minimum ruang kelas sama dengan banyak
rombongan belajar.
c. Kapasitas maksimum ruang kelas 32 peserta didik.
d. Rasio minimum luas ruang kelas 2 m2/peserta
didik. Untuk rombongan belajar dengan peserta didik kurang dari 15 orang, luas
minimum ruang kelas 30 m2.
Lebar minimum ruang kelas 5 m
e. Ruang kelas memiliki jendela yang memungkinkan
pencahayaan yang
memadai untuk membaca buku dan untuk memberikan
pandangan ke luar
ruangan.
f. Ruang kelas memiliki pintu yang memadai agar
peserta didik dan guru dapat
segera keluar ruangan jika terjadi bahaya, dan
dapat dikunci dengan baik saat
tidak digunakan.
2. Jamban
a.
Jamban berfungsi sebagai tempat
buang air besar dan/atau kecil.
b.
Minimum terdapat 1 unit jamban
untuk setiap 40 peserta didik pria, 1 unit
jamban untuk setiap 30 peserta didik wanita, dan 1 unit jamban untuk guru.
b.
Jumlah minimum jamban setiap
sekolah/madrasah 3 unit.
c.
Luas minimum 1 unit jamban 2 m2.
d.
Jamban harus berdinding, beratap,
dapat dikunci, dan mudah dibersihkan.
e.
Tersedia air bersih di setiap
unit jamban.
f.
Jamban dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada
Tabel 3.15.
B. Untuk SMA/MA dan SMK/MAK
Ketentuan
mengenai ruang-ruang tersebut beserta sarana yang ada di setiap ruang
diatur dalam
standar tiap ruang sebagai berikut.
1. Ruang Kelas
a.
Fungsi ruang kelas adalah tempat
kegiatan pembelajaran teori, praktek yang
tidak memerlukan peralatan khusus, atau praktek
dengan alat khusus yang
mudah dihadirkan.
b.
Jumlah minimum ruang kelas sama
dengan banyak rombongan belajar.
c.
Kapasitas maksimum ruang kelas 32
peserta didik.
d.
Rasio minimum luas ruang kelas 2
m2/peserta didik. Untuk rombongan belajar
e.
dengan peserta didik kurang dari
15 orang, luas minimum ruang kelas 30 m2.
f.
Lebar minimum ruang kelas 5 m.
g.
Ruang kelas memiliki jendela yang
memungkinkan pencahayaan yang memadai untuk membaca buku dan untuk memberikan
pandangan ke luar ruangan.
h.
Ruang kelas memiliki pintu yang
memadai agar peserta didik dan guru dapat
i.
segera keluar ruangan jika
terjadi bahaya, dan dapat dikunci dengan baik saat
j.
tidak digunakan.
2. Jamban
a. Jamban berfungsi sebagai tempat buang air besar dan/atau kecil.
b. Minimum terdapat 1 unit jamban untuk setiap 40 peserta didik pria, 1 unit
b. jamban untuk setiap 30 peserta didik wanita, dan 1 unit jamban untuk guru.
c. Jumlah minimum jamban setiap sekolah/madrasah 3 unit.
d. Luas minimum 1 unit jamban 2 m2.
e. Jamban harus berdinding, beratap, dapat dikunci, dan mudah dibersihkan.
f. Tersedia air bersih di setiap unit jamban.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar