.

Selasa, 17 April 2018

PISA JUARA

                                                           
PISA “JUARA” Inilah MOTTO PISA(Program for International Student Assasment) TAHUN 2018

SMP N 1 Cilamaya Wetan meruapakan salah satu sekolah di Kabupaten Karawang yang terpilih sebagai peserta PISA tahun 2018.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam hal ini PUSPENDIK sudah melakukan berbagai kegatan bagi sekolah yang menjadi sampel program PISA tahun 2018, termasuk SMPN 1 Cilamaya Wetan.
Kegiatan dimulai dengan pelatihan guru pembimbing PISA yang terdiri dari satu orang guru matapelajaran Matematika, satu orang guru matapelajaran IPA, satu orang guru matapelajaran Bahasa Indonesia, dan satu orang guru matapelajaran IPS. 
Kegiatan pelatihan berlangsung selama satu minggu. Selama kegiatan tersebut guru pembimbing di berikan pemahaman tentang PISA, pemahaman tentang kompetensi abad 21, pemahaman tentang penilaian, pemahaman tentang soal HOTS, sampai menyusun soal HOTS yang merupakan model soal PISA. Selain guru,   kepala sekolah bersama dengan satu orang operator di berikan pelatihan pula  selama tiga hari agar kepala sekolah memahami apa, bagaimana, mengapa PISA di adakan dan sekolah terpilih menjadi sampel program tersebut .
Bukan hanya itu, sekolah yang menjadi sampel PISA di berikan bantuan berupa seperangkat komputer yang akan di gunakan pada pelaksanaan seleksi PISA sebagai pelengkap dari bantuan sarana komputer tersebut, untuk kepentingan tersebut, seorang guru TIK di latih menjadi Proktor untuk mengelola komputer tersebut. disini perbedaan PISA dua tahun sebelumnya dengan PISA tahun 2018, diantaranya adalah sistemnya yaitu tahun sebelumnya proses mengerjakan soalnya masih berbasis kertas dan pensil tetapi tahun 2018 sudah berbasis komputer. Perbedaan tersebut menyebabkan tantangannya menjadi berbeda.

Tinggal menghitung hari, tepatnya tanggal 2 mei 2018 jadwal pelaksanaan seleksi PISA di SMPN 1 Cilamaya Wetan di laksanakan. Berbagai upaya sudah dilakukan oleh sekolah untuk mempersiapkan siswa dalam kegiatan kompetisi tingkat dunia tersebut dengan melakukan latihan pengenalan program PISA, latihan pengenalan soal-soal PISA,  mengadakan Tryout 1, 2 dan yang tidak kalah pentingnya adalah memberikan motivasi kepada seluruh siswa. Semua itu di lakukan agar siswa yang menjadi peserta siap menghadapi pelaksanaan PISA tersebut dan tentu berharap kontribusi siswa SMPN 1 Cilamaya Wetan teresbut menjadikan peringkat Indonesia menjadi lebih baik.
Seyogyanya siswa yang terpilih menjadi peserta adalah siswa terbaik di sekolah, karena dari jumlah siswa 1300 orang hanya 50 siswa yang menjadi sampel pada kegiatan ini, tetapi kenyataan tidak demikian karena pemilihan siswa sampel sudah di tentukan dari TIM PISA yang ada di PARIS sehingga siswa yang menjadi perwakilah adalah siswa yang namanya sudah ada, tetapi apapun itu dengan persiapan yang sudah di lakukan kita tetap optimis siswa yang terpilh  bisa memberikan kontribusi terbaiknya untuk bangsa.Aamin ( Gus Ndol 180418)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar