.

Rabu, 09 Oktober 2013

USAID Prioritas



Peningkatan mutu pembelajaran terus diguirkan oleh pemerintah. Demikian pula peningkatan mutu pembelajaran di Kabupaten Karawang dilakukan di berbagai sekolah dengan berbagai macam program. Usaid Prioritas salah satunya adalah memberikan fasilitas kepada sekolah-sekolah yang akan melaksanakan program peningkatan pembelajaran dengan menyediakan fasilitator yang sudah dilatih dari program DBE dan dilanjutkan dengan program Usaid Prioritas tahun 2013.
Untuk kesempatan pertama tahun 2013 ini, SMPN 2 Jayakerta memanfaatkan momentum yang disediakan oleh Usaid Prioritas tersebut  dengan melakukan diseminasi program. Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari yaitu tanggal 8,9,10 oktober 2013. SMPN 2 Jayakerta dalam hal ini sebagai tuan rumah dengan mengundang sekolah-sekolah yang dekat dengan lingkungan tersebut dalam rangka memenuhi syarat diseminasi yaitu peserta minimal 50 orang.
Diluar dugaan ternyata antusiasme dari guru-guru yang berada idsekitar untuk bergabung dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran sangat luar biasa, sehingga peserta mencapai 70 orang guru.

Hari Pertama
Kegiatan hari pertama diisi dengan materi :Pembukaan, Pembelajaran Konstektual, Pertanyaan tingkat tinggi (PTT) dan Pembelajaran Kooperatif.
Sesi I pembelajaran konstektual: Pada kegiatan pembelajaran ini difasilitasi oleh H. Mulyana Surya Atmaja. Dibantu oleh, Pak Enang Zaenal,  Ahmad Fadloli, dan Irwan karena inilah cirri dari DBE dalam melaksanakan kegiatan selalau dilakukan dengan team teaching.
Kegiatan pada sesi ini masih berlangsung secara pleno dan seting ruangan juga masih tradisional dengan kursi menghadap kedepan semua.

Sesi II. Pertanyaan Tingkat Tinggi (PTT). Kegiatan sesi ini difasilitasi oleh Pak Irwan. Pada kesempatan ini situasi ruangan sudah mengarah kepada pembelajaran aktif sesuai dengan kegiatan DBE maupun Usaid Prioritas yaitu mengususng pembelajaran akatif.

Sesi III. Pembelajaran kooperatif. Kegiatan sesi ini di fasilitasi oleh Ahmad Fadloli. Karena waktu sudah menunjukan pukul 16.40 WIB, maka kegiatan pembelajaran kooperatif akan di lanjutkan esok hari.
Kesan Kegiatan Hari I.
Semua peserta sangat antusias mengikuti kegiatan sampai lupa waktu pulang, seharusnya sesuai dengan jadwal, kegiatan beakhir pukul 14.30 wib ternyata peserta masih semangat sehingga selesai pukul 14.45 wib.
Semua peserta merasakan kegiatan pelatihan yang dilaksankana sekarang sangat berbeda dengan kegiatan pelatihan yang biasa diikuti dari segala hal sehingga tidak merasa ngantuk atau bosan.
 Materi yang disampaikan cukup actual karena menyangkut tugas guru  yang dilaksankan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar