.

Jumat, 04 Oktober 2013

Merubah kebiasaan

Perbincangan di ruang guru yang sering kita dengar adalah seputar kegiatan yang dilakukan oleh bapak/ibu guru yang ranahnya diluar penigkatan profesi sebagai tenaga pendidik. Kebanyakan perbincangan yang dilaksankan adalah seputar isu-isu  hangat yang terjadi disekitar atau kejadian -kejadian yang pernah atau sedang dialami. Sedikit diantara bapak/ibu guru  perbincangan/obrolan yang dilaksanakan disela-sela istirahat atau sebelum mengajar membahas masalah-masalah yang dialami/terjadi selama mengadakan pembelajaran dikelas.
Bagi bapak/ibu guru yang mengadakan perbincangan masalah-masalah yang terjadi dalam pembelajaran kadang-kadang kurang  mendapatkan respek dari yang lain dan mungkin bahkan dianggap membosankan. Tetapi apabila bapak/ibu guru yang lain menyadari bahwa kegiatan sharing masalah-masalah yang dialami dalam pembelajaran merupakan kegiatan yang sangat baik untuk meningkatkan profesionalisme dalam melaksanakan transfer ilmu kepada peserta didik tentunya semua guru akan melaksanakan kegiatan tersebut.
Olehkarena itu karena kegiatan yang seperti itu sangat baik, maka bagi guru-guru yang sudah melaksankan hal tersebut sebaiknya diteruskan sehingga dengan demikian diharapkan dapat diikuti oleh rekan guru yang lain. karena merubah kebiasaan kita tidak perlu dengan mengajak tetapi yang diperlukan adalah memberikan contoh.

Kegiatan diskusi masalah pembelajaran di SMPN 2 Cikampek, Karawang, Jawa Barat.



Gambar ditas adalah merupakan kebiasaan baik yang dilakukan untuk mengadakan diskusi masalah-masalah pembelajaran yang dialami. Apabila kebiasaan ini menjadi sesuatu yang dibudayakan, maka pembelajaran yang akan dilaksakan berikutnya akan menjadi lebih baik. Kegiatan seperti ini saya menyebutnya dengan: "Merubah perbincangan Pasar menjadi perbincangan Profesi".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar