LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN YANG MEMANFAATKAN
KOMPUTER
Nama sekolah : SMPN 7 Karawang Barat
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VII/2
Waktu :
2 jp (2 x 40 menit)
Tema :
Saling ketergantungan
Standar Kompetensi : 7.
Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem
Kompetensi dasar : 7.1. Menentukan ekosistem dan saling hubungan antara
komponen ekosistem
No.
|
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
Program
|
|||
word
|
excel
|
Power point
|
internet
|
||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
Guru membimbing siswa membentuk
kelompok, masing-masing kelompok berjumlah 3 orang dengan salah satu anggota
dapat mengoperasikan komputer.
Guru menayangkan slide tentang
ekosistem sawah, peserta didik mengamati tayangan
Peserta didik mengidentifikasi
komponen ekosistem biotik minimal 6 komponen, dan abiotik minimal 4 komponen dari tayangan
Peserta didik membuat rantai makanan berdasarkan data yang didapat
dari identifikasi komponen ekosistem, minimal dua rantai
Peserta didik membuat jaring-jaring
makanan berdasarkan data rantai makanan yang telah dibuat serta
mendeskripsikan dengan kata-katanya sendiri tentang jaring-jaring makanan yang telah dibuatnya
Peserta didik mengemukakan alasan yang tepat untuk mengatasi masalah
merajalelanya hama tikus dan kaitannya dengan ketergantungan antar komponen ekosistem
serta solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut
Peserta didik melakukan penilaian
hasil kerja kelompok lain dengan bertukar hasil karya
|
√
|
√
|
√
√
√
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar