.

Jumat, 14 Juni 2013

Ekosistem

Pada Pembelajaran materi Ekosistem pada pertemuan kali ini pak Ahmad memanfaatkan Lingkungan sekolah  sebagai tempat pengamatan dan sekaligus sebagai laboratorium. 
Seluruh siswa sangat antusias melaksankan kegiatan pada tempat kelompok masing-masing. Tempat pengamatan yang diperoleh adalah hasil dari mengambil hasil undian yang sudah dilaksanakan sebelum proses pembelajaran dimulai. Undian dilaksanakan agar tidak terjadi saling berebut tempat dan memberikan rasa keadilan bagi stiap kelompok. Dari hasil undian tersebut ternyata tempat pengamatan dibagi menadi empat katagori yaitu: pertama, pengamatan dilaksanakan di sawah. Kedua, pengamatan dilaksanakan di Kolam. Ketiga, pengamatan dilaksankan di Taman Kelas. dan keempat, pengamatan dilaksanakn di kebun sekolah.

Pengamatan di Kolam Sekolah
Kelompok pengamatan di Taman Kelas
Kelompok Pengamatan di Taman Sekolah
Pengamatan di Sawah
Pengamatan Taman Kelas
1. Pengamatan di Kolam.
         Kolam terletak di depan samping parkir bagi guru, staf TU dan siapapun yang masuk ke solah membawa kendaraan. Pak Ahmad memanfaatkan kolam yang ada di sekolah untuk pembelajaran materi ekosistem kali ini. Siswa sangat antusias mengamati kolam sesuai dengan tugas masing-masing yang terdapat pada lembar kerja kegiatan satu tentang pengamatan. Kegiatan pengamatan dilaksanaan dalam kelompok, tetapi siswa dalam kelompok tersebut akan bekerja secara individu. Kegiatan seperti itu dirancang untuk membuat siswa semua bekerja, tidak mengandalkan salah seorang. Berdasarkan pengalaman sebagai guru maupun sebagai pengamat dalam setiap kegiatan open lesson yang dilaksankan pada kegiatan lesson study, sebagian besar siswa kegiatan dalam kelompok didominasi oleh satu atau dua orang sedangkan yang lain tidak aktif bekerja hanya bermain. Berdasarkan pengalaman tersebut, maka pada kesempatan ini kegiatannya di buat individu yang nanti hasilnya akan di sharingkan dengan anggota kelompom setelah selesai pengamatan pada kegiatan tahap berikutnya.

2 komentar: