.

Senin, 29 April 2013

SISI LAIN UJIAN NASIONAL ( Kedua)

Akhir-akhir ini kita disuguhi banyak cerita tentang ujian nasional baik media baik media elektronik maaupun media cetak sehingga  hampir setiap detik kita jumpai perbincangan mengenai UN. Perbincangan tersebut bermacam-macam ada yang setuju dan ada yang menolak bahkan membubarkan UN. Terlepas dari hal tersebut diatas, ternyata ada sisi lain dari kegiatan UN yang patut kita cermati.
Ternyata kegiatan mengawas UN ditunggu-tunggu oleh sebagian besar guru. Hal demikian bisa dimaklumi karena selama sekian bulan dengan rutinitas mengajar ditempat yang sama dengan rekan kerja yang sama tentunya menimbulkan kejenuhan, olehkarena itu mengawas UN merupakan penyegaran suasana bagi para guru. Mengapa dikatakan demikain, karena selama empat hari mengawas teman menegawas di ruangan tersebut berbeda-beda. dengan demikian bisa mengenal guru- guru dari sekolah lain yang belum dikenal.selain itu dari segi waktu, kegiatan UN hanya berlangsung sampai pukul 09.30. Dengan demikian masih terdapat waktu yang cukup leluasa untuk jalan-jalan atau santai di rumah.
Terdapat sisi yang menarik selain itu yaitu ada beberapa hal yang menjadi perbincangan sampai di bawa kesekolah asal, ini merupakan kebiasaan atau sesuatu yang wajar. Perbincangan yang hangat setelah melaksanakan pengawasan UN di sekolah lain biasanya berkisar beberapa hal yaitu : tentang kebersihan sekolah. Masalah kebersihan sekolah sangat baik jika diperbincangkan sebab hal tersebut dapat dijadikan refleksi untuk perbaikan. Masalah lain yang diperbincangkan adalah masalah konsumsi. Masalah ini juga tidak luput dari perhatian para pengawas. Serta masalah- masalah yang lain.
Olehkarena itu ternyata kegiatan UN bisa dijadikan sebagai sarana untuk meningkatkan kompetensi sosial dan waktu penyegaran dari kejenuhan rutinitas keseharian. ( AF)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar