.

Senin, 29 April 2013

Kesibukan UN ( Pertama)

Agenda tahunan sekolah yang membutuhkan energi cukup besar bagi sekolah adalah Ujian Nasional. dapat diibaratkan sebuah hajatan sehingga memerlukan persiapan yang cukup serius dan dilaksanakan beberapa bulan sebelumnya. Persiapan itu berupa persiapan administrasi, persiapan akademik, dan persiapan mental serta fisik.
Persiapan administrasi berupa Data peserta yang akan mengikuti UN yang di namakan DNS ( data nominatif sementara) kemudian menjadi DNT ( Data Nominatif Tetap). Untuk bisa menjadi DNS dan DNT melalui proses yaitu mengentri data peserta tersebut ke DAPODIK yang mulai tahun 2012 sudah online.Selain data tersebut persiapan administrasi yang lain adalah mengentri nilai semester  satu sampai semester lima dilanjutkaan dengan nilai Ujian Sekolah dan nilai Ujian praktik. karena nilai tersebut berpengaruh terhadap kelulusan siswa nanti dengan rumus =  NS x 40 persen + UN x 60 persen.Sedangkan NS= 40 persen x rata-rata nilai semester satu -lima+ 60 persen nilai US( Ujian Sekolah). dengan demikian kelulusan siswa adalah 40 persen berada dipihak sekolah.
Persiapan akademik. Pada kegiatan ini pihak sekolah melakukan beberapa terobosan untuk mempersiapkan siswa pada tahap siap akademik yaitu melakukan pengayaan diluar jam belajar sekolah, waktu pelaksanaan pengayaan setiap sekolah berbeda-beda, secara umum setiap pelajaran dalam satu kelas paralel sebanyak 8- 10 kali pertemuan. Pada kegiatan ini siswa diperkenalkan dengan model-model soal UN yang ada pada tahun- tahun sebelumnya serta cara mengerjakan soal dengan mudah. Persipan akademik selanjutnya adalah dilaksanakan Try Out. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka melihat sampai sejauhmana persiapan yang sudah dilakukan oleh peserta didik. Selanjutnya dilaksanakan pengayaan lagi dan kemudian dilaksanakan Try Out yang kedua. Try Out yang kedua dimaksudkan untuk melihat keberhasilah dari pengayaan yang dilaksankan. keberhasilan pengayaan dilihat dengan cara membandingkan nilai try out pertama dengan try out kedua. Apabila try out kedua hasilnya meningkat dari try out pertama maka keadaan tersebut menunjukkan terdapat korelasi yang positif antara pengayaan dengan prestasi siswa. Dengan demikian terdapat manfaat kebermaknaan dari kegiatan pengayaan yang sudah dilaksanakan dengan memanfaatkan biaya dari uang BOS.
Dari faktor siswa. Memang untuk menuju final yaitu UN siswa sudah melalui beberapa tahap kegiatan yaitu Pengayaan, Try Out, Ujian Sekolah, Ujian Praktik, dan Ujian Nasional. Dari tahap tersebut bisa kita lihat bahwa dalam menghadapi UN siswa memerlukan fisik dan mental yang cukup.
Dalam rangka mempersiapkan fisik yang cukup, setiap sekolah sudah menghentikan kegiatan ekstra kurikuler bagi kelas sembilan, bukan sekedar itu, kepala sekolah, para guru selalu mengingetkan unutk selalu menjaga kesehatan dengan cara mengurangi banyak bermain dan lain-lain.
Olehkarena itu tidak alasan bagi siswa untuk mengatakan tidak siap menghadapi UN karena pihak sekolah sudah mempersiapkan sedemikian rupa jauh-jauh hari sebelum kegiatan dilaksanakan. ( AF)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar