.

Jumat, 01 Februari 2013

Media pembelajaran

BAGAIMANA MEMANFAATKAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN? Pemanfaatan media pembelajaran yang relevan dalam kelas dapat mengoptimalkan proses pembelajaran. Bagi guru, media membantunya mengkonkritkan konsep atau gagasan dan membantu memotivasi peserta untuk belajar aktif. Bagi siswa, media dapat menjadi jembatan untuk berpikir kritis dan berbuat. Dengan demikian media dapat membantu tugas guru dan siswa mencapai kompetensi dasar yang ditentukan. Agar media pembelajaran dapat dimanfaatkan dengan baik, guru perlu mengetahui kebutuhan pembelajarannya dan permasalahan-permasalahan yang dihadapi siswa tentang materi yang akan diajarkan. Terkait dengan itu, media perlu dikembangkan berdasarkan relevansi, kompetensi dasar, materi dan karakteristik siswa. Guru dapat berperan sebagai kreator yaitu menciptakan dan memanfaatkan media yang tepat, efisen, dan menyenangkan bagi siswa. Media pembelajaran yang dapat dikembangkan dan dimanfaatkan guru sangat bervariasi. Beberapa contoh media pembelajaran yang dimaksud adalah: foto, karikatur, poster, koran, bagan, grafik, peta, benda model, permainan, slide, proyeksi komputer, overhead transparansi, radio, televisi, lingkungan (fisik, alam, sosial, dan peristiwa). Beberapa media, seperti media sederhana, kadang perlu dikembangkan, dimodifikasi, dikombinasikan dengan media lain, atau dicari alternatif media lainnya yang juga relevan untuk membantu pencapaian tujuan pembelajaran. Media dari alat dan bahan sederhana seringkali menarik dan menantang karena dapat merangsang kreativitas guru dalam mengembangkan dan siswa dalam menggunakannya. Media sederhana sangat disarankan meskipun media-media yang lebih modern seperti komputer dapat dimanfaatkan jika tersedia. Pemanfaatan media pembelajaran sangat diperlukan terutama untuk mendorong siswa belajar. Oleh sebab itu pastikan bahwa media yang dikembangkan atau yang dipilih memberikan kesempatan sebanyak mungkin kepada siswa untuk memanfaatkannya sebagai sumber belajar, dan bukan sekedar alat bantu guru. Banyak dampak positif yang dapat diperoleh, misalnya tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan lebih mudah, memotivasi peserta, menciptakan iklim belajar yang kondusif. Media pembelajaran tidak harus media yang mahal dan rumit, tetapi yang paling utama adalah kecocokan dengan pencapaian KD serta merangsang siswa untuk berpikir dan berbuat. Apapun media yang dipilih, pastikan aman dari risiko kecelakaan pengguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar