.

Senin, 22 Juni 2009

cara membuat data base sederhana

Membuat Database Perpustakaan Sederhana
Menggunakan Ms.Access 2003

Langkah yang harus dilakukan sebelum membuat suatu database adalah kita harus merancang tabel-tabel dan field-fieldnya.

A. Merancang Tabel
Untuk kali ini yang akan dibuat adalah Database Perpustakaan di Sekolah dengan menggunakan Ms.Access 2003. Tabel yang akan digunakan untuk adalah tabel Siswa,tabel Buku dan tabel Pinjam.

Rincian Tabel
Tabel Siswa
no Autonumber
no_induk Teks(8) [PK]
nama_siswa Teks(30)
kelas Teks(5)

Tabel Buku
kd_buku Teks(5) [PK]
nama_buku Teks(30)
Pengarang Teks(30)
Tahun Terbit Number
Jenis_buku Teks(10)
Status Teks(10)

Tabel Pinjam
no_pinjam Teks(5) [PK] ( format : PJ001 )
no_induk Teks(8) ( Sesuai format tabel siswa )
kd_buku Teks(5) ( Sesuai format tabel Buku )
tgl_pinjam Date/Time ( format : 13 Juni 1990 )
tgl_kembali Date/Time ( format : 13 Juni 1990 )

B. Membuat Tabel
Jalankan aplikasi Ms.Access 2003 anda, setelah terbuka pilih ”blank database” untuk memulai membuat.
Dan simpan dengan nama perpustakaan, dan akan muncul jendela seperti dibawah.

Tabel Siswa

Untuk memulai membuat tabel pilih ” Create table in Desaign view ”, maka akan muncul tampilan dan isikan field-field table yang sudah di rancang seperti di atas tadi, simpan dengan nama tabel Siswa dan jangan lupa jadikanlah no_induk sebagai primary key dengan cara mengeblok baris no_induk lalu pilih icon kunci di toolbar.


Tabel Buku

Langkah untuk membuat tabel Buku sama seperti tabel Anggota. Jadikan kd_Buku sebagai primary key dan simpan dengan nama tabel Buku.

Tabel Pinjam

Langkah untuk membuat tabel Pinjam sama seperti tabel Anggota dan Buku. Jadikan No_Pinjam sebagai primary key dan simpan dengan nama tabel Pinjam.
Setelah selesai membuat tabel maka akan kelihatan seperti berikut.
C. Relationships

Setelah selesai membuat tabel, langkah selanjutnya kita membuat relasi antar tabel, yaitu dengan cara klick icon relationships di toolbar.

Muncul konfirmasi ”show table”, klick tabel yang ingin di keluarkan lalu add untuk memunculkan tabel tersebut.

Untuk membuat relasi caranya drag field primary key ke field yang di tuju di table lain. Kalau disini field ID_Anggota yang ada di table Anggota di drag ke ID_Anggota yang di table Pinjam. Begitupun dengan No_Buku yang di table buku dan Pinjam, dan atur seperti gambar di bawah.
Hasil relasi.
D. Mengisi Tabel

Setelah selesai merelasikan seluruh tabel, kita bisa langsung mengisi tabel-tabel tersebut dengan cara klick 2x nama tabel.
E. Membuat Form
Dalam membuat suatu aplikasi perlu dibuat Antar muka untuk bisa mengisi data pada tabel lebih mudah dan lebih menarik. Kita akam membuat Form dari Tabel Buku yaitu hasilnya :

Pada form diatas sudah dimodifikasi dengan tombol-tombol untuk mempermudah pengisian data. Di bagian bawah terdapat Record untuk pengisian data, jika di klik segitiga ke kanan makan kita akan melihat data setelahnya dan segitiga ke kiri melihat data sebelumnya.
Form Pinjaman
Sebelum membuat Form Peminjaman, kita buat Form Buku dan Form Pinjam untuk dijadikan subform pada Form Pemijaman. Maka hasilnya akan diperoleh 4 Form. Sebagai berikut :

Kita buka Form Peminjaman maka akan seperti di bawah ini :


F. Membuat Startup
Pada tahap ahir kita akan membuat proses Startup agar data base yang kita buat kita bisa diedit dan dihapus oleh orang lain. Proses Strat Up ini akn menuju langsung ke Transaksi Peminjaman Buku. Hasilnya sebagai berikut :

G. Kesimpulan
Kesimpulan
Dari proses pemanfaatan Microsoft Acces tersebut diatas maka dapat
diambil beberapa kesimpulan bahwa :
- Ada beberapa tahapan Microssoft Acces dalam pemanfaatan pengelolaan perpustakaan sekolah.
- Dengan pemanfaatan microssoft Acces dalam pemanfaatan perpustakaan sekolah akan memudahkan dalam pelaksanaan peminjaman dan pengembalian buku.

H. Saran – saran
Agar dalam kegiatan perpustakaan atau yang lainnya memanfaatkan
Microssoft Acces sehinnga mempermudah penanganannya.

Membuat Database Perpustakaan Sederhana Menggunakan Ms.Access 2003

Langkah yang harus dilakukan sebelum membuat suatu database adalah kita harus merancang tabel-tabel dan field-fieldnya.

I. Merancang Tabel
Untuk kali ini yang akan dibuat adalah Database Perpustakaan menggunakan Ms.Access 2003. Tabel yang akan digunakan untuk adalah tabel Anggota,tabel Buku dan tabel Pinjam.

Rincian Tabel
J. Membuat Tabel
Jalankan aplikasi Ms.Access 2003 anda, setelah terbuka pilih ”blank database” untuk memulai membuat
Dan simpan dengan nama perpustakaan, dan akan muncul jendela seperti dibawah.

Tabel Anggota

Untuk memulai membuat tabel pilih ” Create table in Desaign view ”, maka akan muncul tampilan dan isikan field-field table yang sudah di rancang seperti di atas tadi, simpan dengan nama tabel Anggota dan jangan lupa jadikanlah ID_Anggota sebagai primary key dengan cara mengeblok baris ID_Anggota lalu pilih icon kunci di toolbar.
Tabel Buku
Langkah untuk membuat tabel Buku sama seperti tabel Anggota. Jadikan No_Buku sebagai primary key dan simpan dengan nama tabel Buku
Tabel Pinjam

Langkah untuk membuat tabel Pinjam sama seperti tabel Anggota dan Buku. Jadikan No_Pinjam sebagai primary key dan simpan dengan nama tabel Pinjam
Setelah selesai membuat tabel maka akan kelihatan seperti berikut.
K. Relationships

Setelah selesai membuat tabel, langkah selanjutnya kita membuat relasi antar tabel, yaitu dengan cara klick icon relationships di toolbar
Muncul konfirmasi ”show table”, klick tabel yang ingin di keluarkan lalu add untuk memunculkan tabel tersebut
Untuk membuat relasi caranya drag field primary key ke field yang di tuju di table lain. Kalau disini field ID_Anggota yang ada di table Anggota di drag ke ID_Anggota yang di table Pinjam. Begitupun dengan No_Buku yang di table buku dan Pinjam, dan atur seperti gambar di bawah.
Hasil relasi.
L. Mengisi Tabel

Setelah selesai merelasikan seluruh tabel, kita bisa langsung mengisi tabel-tabel tersebut dengan cara klick 2x nama tabel.

M. Kesimpulan
Dari proses pemanfaatan Microsoft Acces tersebut diatas maka dapat
diambil beberapa kesimpulan bahwa :
- Ada beberapa tahapan Microssoft Acces dalam pemanfaatan pengelolaan perpustakaan sekolah.
- Dengan pemanfaatan microssoft Acces dalam pemanfaatan perpustakaan sekolah akan memudahkan dalam pelaksanaan peminjaman dan pengembalian buku.

N. Saran – saran
Agar dalam kegiatan perpustakaan atau yang lainnya memanfaatkan
Microssoft Acces sehinnga mempermudah penanganannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar