.

Sabtu, 21 Februari 2015

BELAJAR DARI GURU TIK

 Bu Ani Solihatin,S.Pd  guru model dari MGMP TIK KOmisariat Teluk Jambe Kabupaten Karawang mengadakan open class bertempat  di kelas 9 C SMPN 3 Klari, Karawang hari Sabtu, 21-2-2015 pukul 08.00-13.00. dengan materi Browsing dan searching.



Siapa diantara kalian yang pernah membuka internet” Kata Bu Ani” Saya…..dengan serempak seluruh siswa di kelas menjawab. Itulah kata pembuka pelajaran hari ini Sabtu, 21 Februari 2015 di MGMP TIK Komisariat telukjambe dengan guru Model: Ani Solihatin,S.Pd. Tempat: SMPN 3 Klari, Kabupaten Karawang. Kegiatan berlangsung pukul 08.00- 13.00 WIB. Dengan materi: Browsing dan searhing.
Diseminasi Lesson study terus berlangsung melalui kegiatan MGMP. Diseminasi tersebut berlangsung di seluruh KKG dan MGMP yang ada di Kabupaten Karawang melalui anggaran dari APBD. Oleh karena itu maka sebagaian besar guru di Kabupaten Karawang dari semua matapelajaran sudah mengenal lesson study.

Open Class
Pembelajaran hari ini berlangsung cukup menarik, Sebagian besar siswa antusias mengikuti pembelajaran yang disampaikan hal tersebut tampak dari konsentrasi siwa terhadap powerpoin yang ditampilkan oleh  guru. Saya melihat dari wajah siswa, sebagian besar sudah mengerti tentang materi hari itu dan  ingin berbicara tetapi hal tersebut tidak ada kesempatan.
Yang lebih menarik lagi adalah pada saat berkelompok untuk praktik melakukan browsing tentang materi kemudian dibuat powwrpoint untuk di presentasikan sebagai tugas kelompok. Semua siswa dalam kelompok sangat antusias, tetapi tidak semua terfasilitasi karena jumlah siswa dalam kelompok adalah 8 siswa dengan satu buah laptop. Lebih-lebih lagi ada kelompok yang tidak ada laptopnya.

 Presentasi kelompok.
Kelompok pertama, Kelompok ini tampil dengan powerpoint yang sangat baik dengan materi hasil browsing dengan tema: Pergaulan Bebas. Tema ini cukup menarik, karena sesuai dengan usia siswa kelas 9 yang sedang belajar serta membawa misi untuk memberikan pencerahan kepada siswa terhadap pengaruh pergaulan bebas. Setelah presentasi dilanjutkan dengan Tanya jawab.



Refleksi
1.       Sebagian besar siswa dalam kelompok tidak dapat menggunakan laptop karena jumlahnya hanya ada satu. Ada siswa di dua kelompok tidak belajar kelompok karena tidak ada laptopnya.
Solusinya adalah Siswa yang membawa laptop/ perwakilan siswa pada setiap kelompok  diminta melakukan demontrasi di depan kelas dengan memanfaatkan LCD yang ada dengan demikian maka semua siswa dapat belajar.
2.       Pada dasarnya semua siswa sudah memahami materi oleh karena itu, siswa digali pengetahuannya terhapa materi yang dibahas dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan dengan demikian siswa aktif unutk berfikir.
 
Pembelajaran yang dapat diambil adalah:
1.Dalam membuat perencanaan harus dipikirkan tentang kekmampuan dasar siswa, dengan demikian tidak harus semua dijelaskan tetapi cukup dengan memberika pertanyaan-pertanyaan yang dapat menggali kemmapuan, kreatifitas,dan inovasi siswa untuk berpikir dan mengungkapkan pendapat
2. Kita harus terus menerus belajar dari pembelajaran yang dilaksankan. Oleh karena itu perlu ditumbihkembangkan komunitas belajar.
3. Merubah obrolan santai dari obrolan biasa ke obrolan yang luarbiasa. ( Ahmad Fadloli)

                                                                                                                                                                                          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar