.

Sabtu, 01 September 2012

Bagaimana MEMANFAATKAN media        DALAM PEMBELAJARAN?

 Pendahuluan

Pemanfaatan media pembelajaran yang relevan dalam kelas dapat mengoptimalkan proses pembelajaran. Bagi guru, media membantunya mengkonkritkan konsep atau gagasan dan membantu memotivasi peserta untuk belajar aktif. Bagi siswa, media dapat menjadi jembatan untuk berpikir kritis dan berbuat. Dengan demikian media dapat membantu tugas guru dan siswa mencapai kompetensi dasar yang ditentukan.

Agar media pembelajaran dapat dimanfaatkan dengan baik, guru perlu mengetahui kebutuhan pembelajarannya dan permasalahan-permasalahan yang dihadapi siswa tentang materi yang akan diajarkan. Terkait dengan itu, media perlu dikembangkan berdasarkan relevansi, kompetensi dasar, materi dan karakteristik siswa. Guru dapat berperan sebagai kreator yaitu menciptakan dan memanfaatkan media yang tepat, efisen, dan menyenangkan bagi siswa.

Media pembelajaran yang dapat dikembangkan dan dimanfaatkan guru sangat bervariasi. Beberapa contoh media pembelajaran yang dimaksud adalah: foto, karikatur, poster, koran, bagan, grafik, peta, benda model, permainan, slide, proyeksi komputer, overhead transparansi, radio, televisi, lingkungan (fisik, alam, sosial, dan peristiwa). Beberapa media, seperti media sederhana, kadang perlu dikembangkan, dimodifikasi, dikombinasikan dengan media lain, atau dicari alternatif media lainnya yang juga relevan  untuk membantu pencapaian tujuan pembelajaran. Media dari alat dan bahan sederhana seringkali menarik dan menantang karena dapat merangsang kreativitas guru dalam mengembangkan dan siswa dalam menggunakannya. Media sederhana sangat disarankan meskipun media-media yang lebih modern seperti komputer dapat dimanfaatkan jika tersedia.

                                                                                                           
 Tujuan
Setelah mengikuti unit ini, peserta pelatihan diharapkan mampu:
*      Mengembangkan media pembelajaran yang relevan dengan kompetensi dasar mata pelajaran.
*       Memanfaatkan media pembelajaran yang dapat mendorong siswa belajar aktif.

   Pertanyaan Kunci
*      Bagaimana mengembangkan dan memanfaatkan media pembelajaran yang relevan dengan kompetensi dasar, relevan dengan materi dan karakteristik siswa, serta dapat mendorong siswa belajar aktif.

  Petunjuk Umum
*      Unit ini dilakukan dalam kelompok mata pelajaran.
*      Media pembelajaran merupakan bagian dari sumber belajar yang digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima pesan sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat siswa sehingga terjadi proses belajar.
*      Bahan tercetak, alat peraga, bahan praktikum, alat praktikum, lingkungan, dan  segala sesuatu yang digunakan dalam proses pembelajaran dapat berfungsi sebagai media pembelajaran bila digunakan dalam pembelajaran.
*      Fokus unit ini adalah identifikasi pengembangan dan pemanfaatan media pembelajaran yang dapat dikembangkan sendiri oleh guru dan siswa, relevan dengan pencapaian KD, digunakan oleh siswa untuk belajar aktif, dan keberadaannya dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari.
*      Pemanfaatan media pembelajaran yang bervariasi dapat menghidupkan suasana belajar, memotivasi dan memudahkan peserta memahami dan membangun konsep-konsep yang rumit, mempercepat dan memperkaya terhadap pencapaian tujuan pembelajaran.


   Sumber dan Bahan
*      Kertas flip chart, Spidol, Selotip.
*      Handout Peserta 2b.1: Identifikasi Relevansi Media Pembelajaran dengan Kompetensi Dasar, Kelebihan dan Kekurangannya, serta alternatif perbaikannya
*      Handout Peserta 2b.2: Mengidentifikasi Media Pembelajaran yang Relevan
*      Handout Peserta 2b.3: Mengidentifikasi dan Memanfaatkan Media Pembelajaran
*      Informasi Tambahan 2b.1: Skenario Simulasi Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
*      Informasi Tambahan 2b.2: Skenario Simulasi Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Inggris
*      Informasi Tambahan 2b.3: Skenario Simulasi Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Mata Pelajaran IPA
*      Informasi Tambahan 2b.4: Skenario Simulasi Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Mata Pelajaran IPS
*      Informasi Tambahan 2b.5: Skenario Simulasi Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika
*      Informasi Tambahan 2b.6: Beberapa  Aspek yang Harus Diperhatikan dalam Pengembangan dan Memanfaatkan Media Pembelajaran

   Waktu
Waktu yang digunakan untuk menyampaikan sesi ini adalah 120 menit. Perincian alokasi pemanfaatan waktu tersebut dapat dilihat pada setiap tahapan dari sesi ini.

 ICT
Berikut ini adalah peralatan ICT yang harus disediakan, namun apabila tidak bisa ditemukan di tempat pelatihan, fasilitator dapat menggantikannya dengan OHP atau kertas flip chart.
*      Proyektor LCD
*      Komputer desktop atau laptop.
*      Layar proyektor LCD


  Ringkasan Sesi

Perincian Langkah-langkah Kegiatan

Oval: IIntroduction (10 menit)
(1)      Sampaikan latar belakang  terkait pemanfaatan media dalam pembelajaran, yaitu (a) media pembelajaran yang relevan dapat mengoptimalkan proses pembelajaran, (b) bagi guru, media membantu mengkonkritkan konsep / gagasan abstrak. dan membantu. Bagi siswa, media dapat memotivasi peserta untuk belajar aktif dan menjadi jembatan untuk berpikir kritis dan berbuat. Dengan demikian, media dapat membantu guru dan siswa mencapai kompetensi dasar yang ditentukan.
(2)      Minta 2 - 3 peserta dari mata pelajaran berbeda untuk menyampaikan pendapatnya atau pengalamannya dalam menggunakan media pembelajaran.


1
Catatan untuk Fasilitator
Kreativitas dan keberanian guru sangat menentukan dalam mengidentifikasi, merancang, dan memanfaatkan media pembelajaran. Yang paling penting adalah bahwa media yang dipilih harus relevan dengan pencapaian KD, materi pembelajaran, dan karakteristik siswa, dan penggunaannya dimanfaatkan oleh siswa untuk belajar, bukan hanya digunakan oleh guru.

(3)      Sampaikan tujuan yang akan dicapai pada unit ini.


Oval: CConnection (30 menit)
(1)      Kegiatan ini dilakukan di setiap kelompok mata pelajaran.
(2)      Fasilitator menyiapkan satu simulasi pembelajaran sederhana yang menggunakan media (per mapel)

2
Catatan untuk Fasilitator
Simulasi yang ditampilkan kali ini memang belum merupakan  sebuah simulasi yang baik. Simulasi ini dimaksudkan untuk membuka wawasan peserta agar berpikir lebih kritis terkait perbaikan pemanfaatan media. Jadi dalam simulasi ini, media yang dipilih memang belum dimanfaatkan secara efektif/maksimal dan masih berpusat pada guru. Peserta diharapkan mengindetifikasi kelemahan-kelemahan dalam pemanfaatan media tersebut dan mengusulkan perbaikannya.

(3)      Peserta  mengididentifikasi kelemahan-kelemahan  apa saja yang muncul dalam pemilihan dan pemanfaatan media tersebut dan mengusulkan perbaikan-perbaikannya. Gunakan Handout Peserta 2b.1. Identifikasi Relevansi Media Pembelajaran dengan Kompetensi Dasar, Kelebihan dan Kekurangannya, serta alternatif perbaikannya.


Oval: AApplication (75 menit)

Kegiatan 1: Mengidentifikasi dan Memanfaatkan Media Pembelajaran     (15 menit)
(1)      Peserta secara berpasangan menggunakan Handout 2b.2 mengidentifikasi dan memanfaatkan media pembelajaran yang diambil berdasarkan hasil Unit 1 tentang Telaah Kurikulum dan Unit 2a tentang Lembar Kerja/Tugas.
(2)      Berdasarkan ide-ide kegiatan pembelajaran unit 1, identifikasi media Pembelajaran yang Relevan dan Sederhana, kemudian deskripsikan  Media Pembelajaran tersebut agar digunakan oleh siswa dan mendorong proses belajar aktif.


Kegiatan 2: mengembangkan/ memodifikasi media (30 menit)
(1)    Tiap pasangan mencari alternatif lain atau mengembangkan/memodifikasi media yang diidentifikasi pada handout 2b.2 serta menuliskan alternatif pemanfaatan media dalam pembelajaran yang membuat siswa belajar aktif. Tuliskan hasilnya dalam Handout 2b.3: Alternatif/ Pengembangan/ Modifikasi Media Pembelajaran.
(2)    Gunakan Informasi Tambahan 2b.6: Beberapa Aspek yang Harus Diperhatikan dalam Pengembangan dan Pemanfaatan Media Pembelajaran.

3
Catatan untuk Fasilitator

Media yang dikembangkan sebaiknya menggunakan alat atau bahan yang sederhana dan mudah diperoleh di sekitar tempat pelatihan.


Kegiatan 3: Presentasi (30 menit)
(3)      Tiap pasangan mempresentasikan hasil kerja (handout 2b.2 dan 2b.3) dalam kelompok mata pelajaran untuk mendapatkan umpan balik.       

Oval: RReflection (5 menit)
(1)      Fasilitator meminta peserta untuk memeriksa apakah tujuan dari sesi ini telah tercapai.
(2)      Memberikan kesempatan kepada peserta untuk menulis hal-hal penting yang sudah dipelajari dari unit ini.

Oval: E   Extension
*      Berikan tugas kepada setiap kelompok untuk merancang media pembelajaran yang akan digunakan pada kegiatan praktik pembelajaran.
*      Peserta diharapkan terus mengidentifikasi ragam media pembelajaran untuk mendorong siswa belajar aktif.


Pesan Utama
Pemanfaatan media pembelajaran sangat diperlukan terutama untuk mendorong siswa belajar. Oleh sebab itu pastikan bahwa media yang dikembangkan atau yang dipilih memberikan kesempatan sebanyak mungkin kepada siswa untuk memanfaatkannya sebagai sumber belajar, dan bukan sekedar alat bantu guru.  Banyak dampak positif yang dapat diperoleh, misalnya tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan lebih mudah, memotivasi peserta, menciptakan iklim belajar yang kondusif. Media pembelajaran tidak harus media yang mahal dan rumit, tetapi yang paling utama adalah kecocokan dengan pencapaian KD serta merangsang siswa untuk berpikir dan berbuat. Apapun media yang dipilih, pastikan aman dari risiko kecelakaan pengguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar