.

Selasa, 30 Juni 2015

Lampiran Permendiknas No 24 tahun 2007 tentang Standar Sarana dan prasarana


A.   Untuk SD/MI

1.    Ruang Kelas

Tabel 2.5 Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Ruang Kelas

No
Jenis
Rasio
Deskripsi
1
Perabot


1.1
Kursi peserta didik
1 buah
/peserta didik
Kuat, stabil, aman, dan mudahdipindahkan oleh peserta didik.
Ukuran sesuai dengan kelompok usia peserta didik dan mendukung
pembentukan postur tubuh yang baik, minimum dibedakan dimensinya untuk kelas 1-3 dan kelas 4-6.
Desain dudukan dan sandaran membuat peserta didik nyaman belajar.
1.2
Meja peserta didik
1 buah
/peserta didik
Kuat, stabil, aman, dan mudah
dipindahkan oleh peserta didik.
Ukuran sesuai dengan kelompok usia peserta didik dan mendukung
pembentukan postur tubuh yang baik, minimum dibedakan dimensinya untuk kelas 1-3 dan kelas 4-6.
Desain memungkinkan kaki peserta didik masuk dengan leluasa ke bawah meja.
1.3
Kursi guru
1 buah/guru
Kuat, stabil, aman, dan mudah
dipindahkan.
Ukuran memadai untuk duduk dengan nyaman.
1.4
Meja guru
1 buah/guru
Kuat, stabil, aman, dan mudah
dipindahkan.
Ukuran memadai untuk bekerja dengan nyaman.
1.5
Lemari
1 buah/ruang
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran memadai untuk menyimpan perlengkapan yang diperlukan kelas. Tertutup dan dapat dikunci.
.6
Rak hasil karya peserta didik
1 buah/ruang
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran memadai untuk meletakkan hasil karya seluruh peserta didik yang ada di kelas.
Dapat berupa rak terbuka atau lemari.
1.7
Papan pajang
1 buah/ruang
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran minimum 60 cm x 120 cm.
2
Peralatan Pendidikan


2.1
Alat peraga

[lihat daftar sarana laboratorium IPA]
3
Media Pendidikan


3.1
Papan tulis
1 buah/ruang
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran minimum 90 cm x 200 cm. Ditempatkan pada posisi yang memungkinkan seluruh peserta didik melihatnya dengan jelas.
4
Perlengkapan Lain


4.1
Tempat sampah
1 buah/ruang

4.2
Tempat cuci tangan
1 buah/ruang

4.3
Jam dinding
1 buah/ruang

4.4
Kotak kontak
1 buah/ruang


2.                 Ruang Perpustakaan
Tabel 2.6 Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Ruang Perpustakaan
No
Jenis
Rasio
Deskripsi
1
Buku


1.1
Buku teks pelajaran
1 eksemplar/mata pelajaran/peserta didik,
ditambah
2 eksemplar/mata
pelajaran/sekolah
Termasuk dalam daftar buku teks pelajaran yang ditetapkan oleh Mendiknas dan daftar buku teks muatan lokal yang ditetapkan oleh Gubernur atau Bupati/Walikota.
1.2
Buku panduan pendidik
1 eksemplar/mata pelajaran/guru mata



pelajarn bersangutan, ditambah
1 eksemplar/mata pelajaran/sekolah

1.3
Buku pengayaan
840 judul/sekolah
Terdiri dari 60% non-fiksi dan
40% fiksi.
Banyak eksemplar/sekolah minimum: 1000 untuk 6 rombongan belajar, 1500 untuk 7-12 rombongan belajar, 2000 untuk 13-24 rombongan belajar.
1.4
Buku referensi
10 judul/sekolah
Sekurang-kurangnya meliputi Kamus Besar Bahasa Indonesia, kamus Bahasa Inggris, ensiklopedi, buku statistik daerah, buku telepon, kitab undang­undang dan peraturan, dan kitab suci.
1.5
Sumber belajar lain
10 judul/sekolah
Sekurang-kurangnya meliputi majalah, surat kabar, globe, peta, gambar pahlawan nasional,
CD pembelajaran, dan
alat peraga matematika.
2
Perabot


2.1
Rak buku
1 set/sekolah
Kuat, stabil, dan aman.
Dapat menampung seluruh koleksi dengan baik.
Memungkinkan peserta didik menjangkau koleksi buku dengan mudah.

2.2
Rak majalah
1 buah/sekolah
Kuat, stabil, dan aman.
Dapat menampung seluruh koleksi majalah.
Memungkinkan peserta didik menjangkau koleksi majalah dengan mudah.
2.3
Rak surat kabar
1 buah/sekolah
Kuat, stabil, dan aman.
Dapat menampung seluruh koleksi suratkabar.
Memungkinkan peserta didik menjangkau koleksi suratkabar dengan mudah.
2.4
Meja baca
10 buah/sekolah
Kuat, stabil, aman, dan mudah dipindahkan oleh peserta didik.
Desain memungkinkan kaki peserta didik masuk dengan leluasa ke bawah meja.
2.5
Kursi baca
10 buah/sekolah
Kuat, stabil, aman, dan mudah dipindahkan oleh peserta didik.
Desain dudukan dan sandaran membuat peserta didik nyaman belajar.
2.6
Kursi kerja
1 buah/petugas
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran yang memadai untuk bekerja



dengan nyaman.
2.7
Meja kerja/ sirkulasi
1 buah/petugas
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran yang memadai untuk bekerja dengan nyaman.
2.8
Lemari katalog
1 buah/sekolah
Cukup untuk menyimpan kartu-kartu katalog.
Lemari katalog dapat diganti dengan meja untuk menempatkan katalog.
2.9
Lemari
1 buah/sekolah
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran memadai untuk menampung seluruh peralatan untuk pengelolaan perpustakaan.
Dapat dikunci.
2.10
Papan pengumuman
1 buah/sekolah
Ukuran minimum 1 m2.
2.11
Meja multimedia
1 buah/sekolah
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran memadai untuk menampung seluruh peralatan multimedia.
3
Media Pendidikan


3.1
Peralatan multimedia
1 set/sekolah
Sekurang-kurangnya terdiri dari 1 set komputer (CPU, monitor minimum 15 inci, printer), TV, radio, dan pemutar VCD/DVD.
4
Perlengkapan Lain


4.1
Buku inventaris
1 buah/sekolah

4.2
Tempat sampah
1 buah/ruang

4.3
Kotak kontak
1 buah/ruang

4.4
Jam dinding
1 buah/ruang


3.                             Laboratorium IPA
Tabel 2.7 Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Laboratorium IPA
No
Jenis
Rasio
Deskripsi
1
Perabot


1.1
Lemari
1 buah/sekolah
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran memadai untuk menyimpan seluruh alat peraga.
Tertutup dan dapat dikunci.
Dapat        memanfaatkan             lemari                yang
terdapat di ruang kelas.
2
Peralatan Pendidikan


2.1
Model kerangka manusia
1 buah/sekolah
Tinggi minimum 125 cm. Mudah dibawa.
2.2
Model tubuh manusia
1 buah/sekolah
Tinggi minimum 125 cm.
Dapat diamati dengan mudah oleh seluruh peserta didik.
Dapat dibongkar pasang.
Mudah dibawa.
2.3
Globe
1 buah/sekolah
Diameter minimum 40 cm.
Memiliki penyangga dan dapat diputar. Dapat memanfaatkan globe yang terdapat di ruang perpustakaan.
2.4
Model tata surya
1 buah/sekolah
Dapat mendemonstrasikan terjadinya fenomena gerhana.
2.5
Kaca pembesar
6 buah/sekolah

2.6
Cermin datar
6 buah/sekolah

2.7
Cermin cekung
6 buah/sekolah

2.8
Cermin cembung
6 buah/sekolah

2.9
Lensa datar
6 buah/sekolah

2.10
Lensa cekung
6 buah/sekolah

2.11
Lensa cembung
6 buah/sekolah

2.12
Magnet batang
6 buah/sekolah
Dapat mendemonstrasikan gaya magnet.
2.13
Poster IPA, terdiri dari:metamorfosis,
a) hewan langka,
b) hewan dilindungi,
c)  tanaman khas Indonesia,
d) contoh ekosistem
e)  sistem-sistem pernapasan hewan
1 set/sekolah
Jelas terbaca dan berwarna, ukuran minimum A1.







4.    Tempat Bermain/Berolahraga
Tabel 2.14 Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Tempat Bermain/Berolahraga
No
Jenis
Rasio
Deskripsi
1
Peralatan Pendidikan


1.1
Tiang bendera
1 buah/sekolah
Tinggi sesuai ketentuan yang berlaku.
1.2
Bendera
1 buah/sekolah
Ukuran sesuai ketentuan yang berlaku.
1.3
Peralatan bola voli
1 set/sekolah
Minimum 6 bola.
1.4
Peralatan sepak bola
1 set/sekolah
Minimum 6 bola.
1.5
Peralatan senam
1 set/sekolah
Minimum matras, peti loncat, tali loncat, simpai, bola plastik, tongkat.
1.6
Peralatan atletik
1 set/sekolah
Minimum    lembing,   cakram,  peluru,
tongkat estafet, dan bak loncat.
1.7
Peralatan seni budaya
1 set/sekolah
Disesuaikan dengan potensi masing‑masing SD/MI.
1.8
Peralatan ketrampilan
1 set/sekolah
Disesuaikan dengan potensi masing‑masing SD/MI.
2
Perlengkapan Lain


2.1
Pengeras suara
1 set/sekolah

2.2
Tape recorder
1 buah
/sekolah



A.    Untuk SMP/MTsM
1. Ruang Kelas
a.  Fungsi ruang kelas adalah tempat kegiatan pembelajaran teori, praktek yang tidak memerlukan peralatan khusus, atau praktek dengan alat khusus yang mudah dihadirkan.
b. Jumlah minimum ruang kelas sama dengan banyak rombongan belajar.
c. Kapasitas maksimum ruang kelas 32 peserta didik.
d. Rasio minimum luas ruang kelas 2 m2/peserta didik. Untuk rombongan belajar dengan peserta didik kurang dari 15 orang, luas minimum ruang kelas 30 m2.
Lebar minimum ruang kelas 5 m
e. Ruang kelas memiliki jendela yang memungkinkan pencahayaan yang
memadai untuk membaca buku dan untuk memberikan pandangan ke luar
ruangan.
f. Ruang kelas memiliki pintu yang memadai agar peserta didik dan guru dapat
segera keluar ruangan jika terjadi bahaya, dan dapat dikunci dengan baik saat
tidak digunakan.

2. Jamban
a.    Jamban berfungsi sebagai tempat buang air besar dan/atau kecil.
b.    Minimum terdapat 1 unit jamban untuk setiap 40 peserta didik pria, 1 unit
jamban untuk setiap 30 peserta didik wanita, dan 1 unit jamban untuk guru.
b.    Jumlah minimum jamban setiap sekolah/madrasah 3 unit.
c.    Luas minimum 1 unit jamban 2 m2.
d.    Jamban harus berdinding, beratap, dapat dikunci, dan mudah dibersihkan.
e.    Tersedia air bersih di setiap unit jamban.
f.     Jamban dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel 3.15.

B.     Untuk SMA/MA dan SMK/MAK
Ketentuan mengenai ruang-ruang tersebut beserta sarana yang ada di setiap ruang
diatur dalam standar tiap ruang sebagai berikut.
1. Ruang Kelas
a.    Fungsi ruang kelas adalah tempat kegiatan pembelajaran teori, praktek yang
tidak memerlukan peralatan khusus, atau praktek dengan alat khusus yang
mudah dihadirkan.
b.    Jumlah minimum ruang kelas sama dengan banyak rombongan belajar.
c.    Kapasitas maksimum ruang kelas 32 peserta didik.
d.    Rasio minimum luas ruang kelas 2 m2/peserta didik. Untuk rombongan belajar
e.    dengan peserta didik kurang dari 15 orang, luas minimum ruang kelas 30 m2.
f.     Lebar minimum ruang kelas 5 m.
g.    Ruang kelas memiliki jendela yang memungkinkan pencahayaan yang memadai untuk membaca buku dan untuk memberikan pandangan ke luar ruangan.
h.    Ruang kelas memiliki pintu yang memadai agar peserta didik dan guru dapat
i.      segera keluar ruangan jika terjadi bahaya, dan dapat dikunci dengan baik saat
j.      tidak digunakan.
2. Jamban
a.    Jamban berfungsi sebagai tempat buang air besar dan/atau kecil.
b.    Minimum terdapat 1 unit jamban untuk setiap 40 peserta didik pria, 1 unit
b.    jamban untuk setiap 30 peserta didik wanita, dan 1 unit jamban untuk guru.
c.    Jumlah minimum jamban setiap sekolah/madrasah 3 unit.
d.    Luas minimum 1 unit jamban 2 m2.
e.    Jamban harus berdinding, beratap, dapat dikunci, dan mudah dibersihkan.
f.     Tersedia air bersih di setiap unit jamban.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar