.

Minggu, 20 Oktober 2013

Manajemen Pendidikan 4

Manajemen Pendidikan : Suatu Proses penataan kelembagaan pendidikan dengan melibatkan sumber- sumber potensial, baik yang bersifat manusia maupun bersifat non manusia dalam rangka mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efesien ( Manajemen Pemdidikan, Tim Pakar Manajemen Pendidikan UNM, Hal.3)

          Fungsi-Fungsi Dasar Manajemen
     George R. Terry di dalam bukunya yang berjudul “Principles of Management” merumuskan bahwafungsi-fungsi dasar manajemen ituterdiri dari planning, organizing, actuating dan controlling.
      Menurut Terry keempat fungsi dasar manajemen tersebut sangat fundamental dalam setiap proses manajemen, hingga dia mengemukakanpula semacam alat untuk mengingat-ingat ( Memory Device ), yaitu apa yang disebut oleh Terry dengan istilah POAC.


.         Luther Gullick mengemukakan bahwa tugas manager dalampelaksanaan manajemen meliputi fungsi-fungsi yang dapat dirumuskandengan memory deviceI  POSDCORB, yaitu planning, organizing, staffing,directing, coordinating, reporting dan budgeting.
          Henry Fayol Planning, Organizing, Commanding, Coordinatingdan ControllingLouis A. Allen Leading, Planning, Organizing dan ControllingLindall F. Urwick Forecasting, Planning, Organizing, Commanding,Coordinating dan ControllingWilliam H. Newman Planning, Organizing,
    
         Assembling Resources,Directing dan ControllingHarold Koontz & Cyrill . O’Donnell
         Planning, Organizing, Staffing, Directing danControlling
         Luther Gullick Planning, Organizing, Staffing, Directing,Coordinating, Reporting dan Budgeting
    
      Kesimpulan bahwa berbagai fungsi dasar manajemen yang dikemukakan oleh para pakar    tersebut memang merupakan fungsi-fungsi yang terdapat dalam proses manajemen, namun sudut pandang dan pengelompokkannya yang berbeda.
         Namun demikian di dalam prakteknya pendapat George R. Terry lebih banyak dijadikan sebagai acuan. Hal ini disebabkan karena disamping lebih sederhana, disebabkan pula karena fungsi-fungsi dasar manajemen yang dikemukakan oleh para pakar yang lain sudah tercakup di dalam keempat fungsi dasar manajemen yang dikemukakan oleh George R. Terry.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar