.

Jumat, 11 Desember 2009

Telaah Kurikulum

< ahref="">


UNIT 1
TELAAH KURIKULUM


Pendahuluan
Unit ini memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengkaji secara mendalam Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SK dan KD) yang terdapat dalam Standar Isi (SI) di setiap mata pelajaran melalui suatu proses yang dikenal dengan ‘Pemetaan Kompetensi’ atau ’Competency Mapping/Scanning’. Dengan proses ini, diharapkan para peserta memperoleh gambaran menyeluruh tentang kompetensi-kompetensi yang ada dan ditemukan cara mengorganisasikannya dengan baik. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat membantu peserta dalam menyusun rencana pembelajaran jangka menengah (silabus) dengan lebih sistematis, lebih efisien, dan lebih kontekstual.
Proses pemetaan kompetensi ini dimulai dengan mengumpulkan kompetensi-kompetensi yang memiliki ”kesamaan” aspek tertentu. Kesamaan-kesamaan ini selanjutnya dikemas menjadi tema/konteks/teks/unit. Selanjutnya, konteks/ tema/teks/unit ini dijadikan wadah bagi pengembangan pembelajaran yang lebih bermakna. Kompetensi-kompetensi tersebut akan terkembangkan secara terpadu, saling berhubungan, dan lebih utuh. Hal tersebut akan berdampak pada pembelajaran yang menjadi lebih kontekstual,
Di dalam sesi ini, pengorganisasian SK dan KD akan dilakukan di setiap mata pelajaran sesuai dengan ciri khasnya, seperti mata pelajaran IPA dan IPS secara substansi menggunakan IPA dan IPS terpadu. Namun demikian, pengorganisasian SK dan KD lintas mata pelajaran pun tidak tertutup kemungkinan dilakukan.

Tujuan
Setelah pelatihan ini peserta diharapkan mampu:
mengorganisasi peta kompetensi untuk satu semester/tahun,
menghasilkan konteks/tema/teks/unit yang relevan,
mengembangkan perencanaan dalam beberapa konteks/tema/ teks/unit yang relevan.
mengembangkan ide-ide kegiatan pembelajaran.

Pertanyaan Kunci
Bagaimana mengorganisasi kompetensi-kompetensi yang memiliki “kesamaan” ke dalam konteks/tema/teks/unit yang relevan dengan kebutuhan siswa?
Bagaimana menyusun rencana pembelajaran jangka menengah (silabus) agar lebih sistematis, lebih efisien dan lebih kontekstual?
Bagaimana mengembangkan ide-ide kegiatan pembelajaran yang dapat membantu menyusun silabus (rencana jangka menengah) dan RPP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar