.

Rabu, 15 Oktober 2008

Model PBM

Model PBM

Fadloli, Ahmad, 2008, Pembelajaran Dengan Model BBM Meketgamtian Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Biologi Siswa pada Sistem Pencernaan Makanan Manusia di Kelas 8A SMP Negeri 2 Karawang Barat.

Kata – kata kunci : Prestasi Belajar Biologi , Model BBM Meketgamtian

Penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan menggunakan Model BBM Meketgamtian . Komponen BBM Meketgamtian terdiri dari (1) Charta BBM Meketgamtian (2) Keterangan BBM Meketgamtian ( 3 ) Kotak keterangan BBM Meketgamtian (4) Setting meja kelompok BBM Meketgamtian.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui prestasi belajar biologi siswa pada sistem pencernaan makanan manusia , tingkat keaktifan siswa dalam belajar, aktivitas guru dalam pembelajaran , dan pendapat siswa tentang model BBM Meketgamtian yang digunakan. Data dikumpulkan menggunakan (1) tes siklus I dan Tes siklus II (2) Lembar Observasi tentang keaktifan siswa dan guru oleh observer (3) Angket siswa tentang model BBM Meketgamtian yang dilaksanakan dalam pembelajaran.

Hasil Tes dianalisis dengan menggunakan ANATES , Angket diolah dengan menggunakan Skala Likert. Keaktifan siswa dan guru diolah dengan prosentase aktifitas selama pembelajaran setiap lima menit. Hasilnya menunjukkan bahwa pada siklus I mendaptkan nilai rata –rata 7,2 dan nilia terendah 5. Siklus II rata-rata adalah 7,76 dan nilai terendah 6, menunjukkan bahwa dengan Model BBM Meketgamtian terdapat peningkatan prestasi siswa. Keaktifan siswa dalam pembelajaran dari semua kelompok menunjukkan angka diatas 80 % yang berarti semua siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran . Data dari angket tentang pembelajaran Model BBM Meketgamtian menunjukkan bahwa diatas 80% responden sangat setuju terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan model BBM Meketgamtian.

Dengan demikian , dari data diatas menunjukkan bahwa Model BBM Meketgamtian dalam pembelajaran memberikan dampak yang signifikan terhadap prestasi, keaktifan siswa dan guru dalam pembealjara.

Sehingga disarankan untuk digunakan dalam proses belajar mengajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar